Cara Mengatasi Agar Laptop Kamu Tidak Lemot Saat Mau Di Matikan 5/5 (1)

Assalamualaikum,

Hai Semua rakan, terima kasih sudah kembali lagi di Sispendik.net

Apakah kalian ingin Mengetahui Cara Mengatasi Agar Laptop Kamu Tidak Lemot Saat Mau Di Matiin? Nah, Frand8K akan memberi Ilmu nya kawan-kawan, simak terus ya..

Cara mengatasi laptop lemot ketika hendak di matiin atau shutdown bisa kamu lakukan dengan beberapa cara mudah asalkan kamu tahu penyebab utama yang membuat kinerja laptopmu menurun. Gak cuma PC, laptop pun juga nggak lepas dari berbagai permasalahan. Salah satunya adalah laptop lemot setelah sekian lama digunakan.

Bahkan beberapa di antara kamu mungkin juga pernah mengalami laptop baru lemot padahal kamu baru membelinya beberapa waktu lalu.

Apakah Laptop Atau Komputer Windows 10 Kamu memerlukan beberapa menit untuk proses Shutdown hingga benar-benar mati? Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan cara untuk mengatasi masalah Shutdown lama Windows 10 untuk laptop maupun komputer desktop.

Shutdown Lama di Windows 10

Windows 10 Frand8K 300x169 - Cara Mengatasi Agar Laptop Kamu Tidak Lemot Saat Mau Di Matikan

Kenapa Windows 10 Shutdown-nya lama? Proses shutdown Windows membutuhkan waktu karena Windows harus mematikan beberapa proses sistem, membersihkan memori pada RAM, dan menyimpan data-data Kamu. Sebenarnya prosesnya lebih rumit untuk dijelaskan dan bukan semudah menekan dan menahan tombol power hingga mati untuk mematikannya.

Saat melakukan shutdown, aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka juga dapat mempengaruhi lamanya waktu shutdown yang dibutuhkan. Jadi pastikan dahulu semua program atau aplikasi yang terbuka ditutup terlebih dulu sebelum melakukan Shutdown.

Cara Mengatasi Shutdown Lama di Windows 10

Apa bila kamu sudah menutup semua aplikasi dan Windows tetap memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses Shutdown, coba beberapa solusi berikut ini untuk mengatasi Shutdown yang lama.

Saat kamu mencoba cara-cara berikut kamu akan melakukan beberapa kali shutdown untuk mengetahui hasilnya.

Menonaktifkan Fast Startup

Fast startup dapat membantu mempercepat proses startup karena sebelum kamu melakukan Shutdown, sistem akan menyimpan data-data dan aplikasi. Dengan mematikan fast startup ini dapat membantu mempercepat waktu Shutdown.

  • Buka Run, pada keyboard tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan cpl dan enter.
  • Saat jendela pengaturan Power terbuka, pada bagian sisi sebelah kiri klik Choose what the power buttons do.
  • Saat tampilan beralih ke berikutnya, cari dan klik tulisan Change settings that currently unavailable.
  • Setelah itu kamu dapat mengubah pengaturan dibagian bawah jendela, hilangkan centang pada Turn on fast startup, setelah itu klik Save Changes.

Setelah melakukan langkah diatas, coba untuk mengetesnya dengan melakukan shutdown. Apakah Shutdown Windows kamu masih lama? Jika masih lama, lanjut coba ke cara berikutnya.

Mengubah Pengaturan Registry Editor

Cara ini akan menonaktifkan fitur Clear page file saat melakukan shutdown. Untuk membuka registry editor, tekan tombol Windows + R, ketikkan regedit. Sebelum kamu melakukan perubahan pada regedit pastikan kamu melakukan backup dengan meng-export pengeturan registry melalui menu File diatas.

Jika sudah melakukan export, ikuti langkah berikut:

  • Pada jendela regedit, masuk ke folder dengan path HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control.
  • Setelah berada dalam folder tersebut, pada bagian kanan jendela registry editor cari file dengan nama WaitToKillServiceTimeout.
  • Klik dua kali dan ubah value-nya menjadi antara 1000 hingga 20000, angka tersebut menunjukkan antara 1 hingga 20 detik.
  • Kemudian beralih ke folder registry HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management.
  • Pastikan kamu pada folder Memory Management, lalu pada jendela bagian sisi kanan klik dua kali pada ClearPageFileAtShutdown, dan ganti value-nya menjadi 0 (value = 0 berarti nonaktif, jika kamu ingin mengaktifkan kembali, ganti value tersebut menjadi 1).
  • Setelah itu beralih lagi ke folder registry: HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.
  • Jika sudah pada path tersebut, buat dua file REG_SZ. Caranya pada jendela sisi kanan registry klik kanan dan pilih New > REG_SZ (String value).
  • Ubah file REG_SZ tersebut menajadi WaitToKillAppTimeout dan

Jika perubahan sudah dilakukan lakukan restart pada sistem kamu untuk mendapatkan efeknya secara maksimal. Setelah masuk kembali ke Windows, coba untuk membuka aplikasi apapun atau melakukan aktifitas kamu. Kemudian jika sudah, lakukan shutdown. Apakah proses shutdown sudah menjadi lebih cepat atau masih tetap lama?

Menggunakan Command Prompt (cmd)

Dalam mengatasi masalah shutdown Windows yang lama dengan cmd cukup mudah untuk dilakukan, yang kamu perlukan hanya membuka cmd sebagai Administrator. Untuk membukanya bisa melalui menu start dengan klik kanan lalu pilih Command prompt (Administrator), atau tekan tombol Windows + X lalu tekan A.

Setelah cmd terbuka coba untuk ketikkan baris perintah berikut:

  • SFC /scannow, tunggu proses hingga selesai, kemudian lakukan restart.
  • CHKDSK C: /F, setelah proses selesai, lakukan restart.
  • DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth, tunggu hingga proses perbaikan selesai dan lakukan restart.

Cara mengatasi masalah shutdown lama menggunakan cmd sama dengan cara untuk mengatasi boot lambat Windows 10. Karena baris perintah cmd tersebut akan melakukan scan pada sistem dan mendeteksi masalah-masalah yang umum terjadi, setelah itu akan secara otomatis diperbaiki.

Beberapa Kesimpulan yang Perlu Diperhatikan

Pastikan saat sebelum melakukan Shutdown tidak ada perangkat yang terhubung ke laptop atau komputer kamu. Perangkat ini bisa berupa mouse, keyboard, wireless usb, dan sebagainya. Coba lakukan shutdown tanpa perangkat tersebut (setidaknya mouse, untuk melakukan shutdown) terhubung ke komputer atau laptop. Jika proses shutdown bertambah cepat, berarti penyebab ada pada perangkat yang terhubung. Itu mungkin disebabkan oleh driver dari salah satu atau beberapa perangkat tersebut.

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer

Begitulah artikel Mengenal Cara Mengatasi Agar Laptop Kamu Tidak Lemot Saat Mau Di Matiin, Dengan cara-cara yang sederhana kamu bisa terbantu. Semoga Artikel ini dapat membantu mengatasi masalah shutdown yang lama pada Komputer atau laptop kamu Agar bermanfaat untuk kamu semua. Wassalam.

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *