Hasil mencari keterangan LULUS dan TIDAK LULUS

Rumus Excel Membuat Keterangan Lulus & Tidak Lulus 5/5 (4)

Assalamu’alaikum.
Microsoft Excel dikenal dengan penggunaan rumus – rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kalian dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Excel. Formula atau rumus Microsft Excel memiliki keunggulan tersendiri untuk mengolah data melalui perhitungan matermatis yagn sangat beragam fungsinya.

jika kalian sering menggunakan aplikasi microsoft Excel baik yang 2003,2007,2010,2013, maupun yang versi terbaru 2016 atau 2019, maka pasti kalian sudah tidak asing lagi menggunakan rumus – rumus Microsoft Excel yang ada di dalam aplikasi tersebut. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika kalian seorang pemula ? bagaimana jika kalian amsih belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti yang akan dijelaskan sekarang ini ? Tidak perlu khawatir. sekarang kalian juga akan dapat mengaplikasikan rumus – rumus dalam Microsoft Excel di dalam blog ini akan disertakan contoh dan gambar yang akan memudahkan kalian dalam mempraktikkannya.

Pada menghadapi berbagai ujian sekolah dari Ulangan Harian, UTS, UAS dan ujiam Lainnya, membuat staff atau guru atau pengajar harus disibukkan dengan pengolahan nilai. Pengolahan nilai ujian memang membutuhkan waktu yang cukup banyak jika tidak memahami bagaimana cara pengolahannya. Sesuatu yang sering terjadi di sekolah bahwa setiap guru mata pelajaran diharuskan memberikan hasil pengolahan nilai ujian tersebut dan dilaporkan ke kurikulum atau bahkan langsung diinformasikan melalui papan pengumuman untuk dibaca dan diketahui oleh siswanya.

Beberapa guru masih ada yang menggunakan sistem manual dalam pengolahan nilai di masa sekarang dengan cara melihat angka hasil ujian, kemudian menentukan keterangan apakah siswa tersebut lulus atau tidak lulus (remedial) dengan standar ketentusan minimal yang telah ditentukan. Jika kalian melakukan hal ini dengan cara manual kami yakin akan menyita banyak waktu. Bagaimana jika siswa kalian terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan?

Untuk menentukan kriteria kelulusan, akan digunakan fungsi logika IF. Ulasan tentang bentuk dan keterangan fungsi  IF telah kami bahas sebelumnya pada postingan kami.

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuat keterangan lulus dan tidak lulus menggunakan fungsi logika IF :

  1. Sebagai contoh, akan digunakan data dari sebuah sekolah SMA seperti pada gambar berikut:

    Rumus excel membuat keterangan lulus 1 300x144 - Rumus Excel Membuat Keterangan Lulus & Tidak Lulus
    Tabel Daftar siswa yag akan dicari keterangan lulus atau tidak lulusnya

  2. Sebagai contoh, dengan data diatas, kalian diminta untuk mengisi kolom keterangan dengan predikat LULUS atau TIDAK LULUS. Ketentuannya adalah:
    Apabila rata-rata pada sel F2 lebih dari atau sama dengan 60, maka dinyatakan LULUS, dan apabila kurang dari 60 dinyatakan TIDAK LULUS.
  3. Aktifkan pointer mouse pada sel G2, kemudian masukkan rumus berikut ini:
    =IF(F2>=60,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

    Rumus excel membuat keterangan lulus 2 300x151 - Rumus Excel Membuat Keterangan Lulus & Tidak Lulus
    Menambahkan rumus Logika IF pada sel G2

  1. Masukkan rumus di atas dengan benar, kemudian tekan Enter pada keyboard. Pastikan hasilnya tampil keterangan “keterangan “TIDAK LULUS” karena saat menguji nilai Rata-rata di sel F2 ditentukan nilai 51,00.
    Salin rumus ke sel-sel yang ada di bawahnya untuk melihat keterangan lulus dari siswa-siswa yang lainnya.
Rumus excel membuat keterangan lulus 3 300x172 - Rumus Excel Membuat Keterangan Lulus & Tidak Lulus
Hasil mencari keterangan LULUS dan TIDAK LULUS

Demikian artikel tentang membuat rumus keterangan lulus menggunakan aplikasi Microsoft Excel, semoga bermanfaat buat kita semua. Terima kasih

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *