Prosedur penulisan rumus pada microsoft excel

Memahami Prosedur Penulisan Rumus Excel 5/5 (4)

Ada beberapa hal dasar yang harus kalian perhatikan di dalam penulisan rumus dan fungsi Microsoft Excel, karena akan sangat menentukan hasil yang didapat dari penulisan rumus Microsoft Excel. Hal ini dikarenakan penulisan rumus memerlukan ketelitian yang cukup besar. Sebagai contoh adalah setiap awal penulisan rumus dalam Microsoft Excel harus dimulai dengan tanda sama dengan (=), contoh lain adalah penulisan tanda kutip/petik ganda (“) yang digunakan untuk mengapit data bertipe teks, apabila tanda ini kurang satu (1) saja maka kemungkinan hasil perhitungan rumusnya tidak akan tampil.

Berikut ini dua metode penulisan rumus dan fungsi dalam lembar kerja Microsoft Excel :
1. Mengetikkan Rumus dan Fungsi Secara Manual
Maksudnya adalah kalian harus mengetikkan semua rumus satu demi satu secara runtut dan teliti. Sebagai contoh, ketika kalian mengetikkan rumus IF, maka kalian harus mengetikkan =IF di dalam sel tempat rumus dan fungsi diletakkan.
Contoh :
Ketikkan huruf 4000, 6000, 6000, dan 4000 masing-masing pada sel A2, A3, A4, dan A5 dalam sheet kalian yang telah aktif, kemudian perhatikan ketentuannya :
* Jika harga 4000, maka diisi dengan Jus Tomat,
* Jika harga 6000, maka diisi dengan Jus Apel,
Untuk menyelesaikan soal di atas, letakkan hasil perhitungan pada sel B2, maka di sel B2 ketikkan rumus =IF(A2=4000;”TjusTomat”;”Jus Apel”), kemudian tekan Enter. Perhatiakan, di dalam sel B2 akan tampil hasil Jus Tomat yang merupakan hasil rumus yang telah kalian masukkan tersebut.

Ketika kalian mengawali pengetikkan rumus pada Microsoft Excel, maka akan ditampilkan sederetan fungsi yang memiliki awalan seperti yang kalian ketikkan. Kalian dapat menggunakan salah satu rumus yang ditampikan seperti pada gambar di bawah ini :
gambar 1

Kelebihan penulisan rumus dengan cara manual :
pekerjaan ini memerlukan waktu yang cukup singkat karena kalian tidak perlu mengaktifkan kotak dialog tertentu.

kekurangan penulisan rumus dengan cara manual :
kalian harus benar – benar hafal jenis dan susunan dari fungsi yang akan digunakan dalam rumus tersebut, sebagai contohbila kalian akan menggunakan fungsi IF dalam rumus maka kalian harus hafal susunan prosedur penulisannya.

2. Penulisan Rumus dan Fungsi dengan Wizard
Menulis rumus dengan langkah Wizard berarti kalian cukup menggunakan tombol perintah Insert Function (Fx).

Langkah menulis  rumus dengan wizard untuk soal seperti pada subbab sebelumnya adalah :
a. Aktif pada sel C2. Pada tab FORMULAS grup Function Library, pilih tombol Insert Function hingga tampil kotak dialog Insert Function untuk memilih jenis fungsi yang akan digunakan.
b. Pilih kategori fungsi pada bagian Or select a category dan pilih fungsi yang kalian inginkan pada bagian Select a function, sebagai contoh adalah fungsi IF, kemudian klik OK hingga tampil kotak dialog Function Arguments.
c. Pada bagian Logical_test isi dengan syarat yang harus terpenuhi, yaitu “A2=4000”.
d. Pada bagian Value_if_true isi dengan nilai jika syaratnya terpenuhi atau benar, yaitu “Jus Tomat”. Sedangkan pada bagian Value_if_false isi dengan nilai jika syaratnya tidak terpenuhi atau salah yaitu “Jus Apel”.
e. klik OK dan perhatiakn pada sel C2 akan tampil hasil perhitungan rumus yaitu menampilkan nilai Jus Tomat.

Kekurangan penulisan rumus dengan cara Wizard :
Pekerjaan ini memerlukan waktu yang agak lama karena kalian harus mengikuti langkah-langkah yang disediakan satu persatu.

Kelebihan penulisan rumus dengan cara Wizard : 
Langkah ini lebih teliti dan sangat membantu para pemula yang belum menguasai dan belum hafal fungsi-fungsi Microsoft Excel, di mana setiap langkah yang dilakukan akan disertai dengan keterangan.

Kelebihan lainnya adalah kalian dapat melihat langsung hasil dan fungsi yang kalian buat tersebut dengan pada bagian bawah kotak dialog Fuchtion Arguments.

Demikian artikel tentang memahami prosedur penulisan rumus pada Mikrosoft Excel , semoga apa yang sispendik.net bagikan bermanfaat buat kita semua. Terima kasih

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *