Cara Terhindar dari Hacker pada Komputer dan Virus 5/5 (1)

Assalamualaikum,

Hai Semua rakan, terima kasih sudah kembali lagi di Sispendik.net

Apakah kalian ingin Mengetahui cara terhindar dari serangan hacker pada Komputer kalian? Nah, Frand8K akan memberi Ilmu nya kawan-kawan, simak terus ya..

Dengan perkembangan teknologi, Laptop menjadi perangkat krusial yang dibutuhkan hampir semua pelajar dan untuk menyelesaikan tugas atau sarana hiburan. Di saat yang sama, perkembangan teknologi juga melahirkan orang-orang yang mampu menerobos masuk system computer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hacker.

Hacker memasukannya melalui e-mail yang disamarkan, iklan, bahkan melalui jaringan wi-fi gatis. Program computer itu dikembangkan sebagai virus yang mampu mengenkripsi file untuk mengelabui pengguna computer. Peretas oleh Hacker terhadapap beberapa laman situs online nasional terus menjadi perbincangan, salah satu cara kerja peretas adalah dengan menyusupkan malware, program computer yang dirancang khusus untuk menyusup ke computer orang lain, melalui jaringan internet.

Kasus penyerarangan hacker ini menjadi topic utama bagi IT specialis maupun kita masyarakat yang notabanenya adalah sebagai user. Oleh karena itu IT Specialis berlomba-lomba memecahkan serangan hacker dan menunjukkan solusi ke public agar layak bisa dengan mudah mengadaptasi metode para IT specialis untuk melindungi computernya.

database Frand8K - Cara Terhindar dari Hacker pada Komputer dan Virus

Ancaman peretasan jelas selalu membuat was-was. Terlebih, Hacker dapat mengakses data dan informasi pribadi. Masalahnya, Jarang korban yang menyadari bahwa laptopnya sedang diretas. Oleh Karena itu, Penting untuk memproteksi perangkat pribadi seperti Laptop atau Komputer. Berikut Cara Mudah terhindar Laptop atau computer dari serangan Hacker untuk dilakukan pelindungannya.

  1. Update Selalu Windows
    Tahap Pertama melindungi computer kamu. Jika kamu selalu update Windows maka ini akan menutupi celah kerentanan, Sangat penting bagi kamu untuk menjaga Windows kamu. Dimana ini meminimalkan kemungkinan adanya serangan virus yang dapat mengganggu system kerja computer kamu.
  2. Hapus Temporary Files
    Temporary Files, termasuk Cache dan cookies pada browser, Kerap jadi rumah bagi malware. Karena itu, bersihkan temporary file browser, serta windows, termasuk recycle bin. Untuk meghapusnya, Buka RUN lalu ketik %temp%. Hapus semua isi temporary file tersebut. Setelah itu terhapus, selanjutnya buka Recyle bin buat menghapus file dengan cara klik kanan pada ikon di desktop, pilih empty recycle bin. Untuk browser Chrome agak sedikit berbeda. Pertama buka Chrome dan klik History pada tigas horizontal yang ada dipojok kanan atas. Klik Menu, lalu pilih opsi hapus data penjelajahan. Centang semua opsi untuk menghapus semua data tidak berguna.
  3. Install Antivirus
    Virus pada Komputer banyak bertebaran di internet. Tidak sedikit orang yang menjadi korban serangan virus. Bahkan mungkin saja kamu pernah mengalaminya.
    Oleh karena itu, menggunakan antivirus wajib hukumnya, terutama jiika kamu sering berselancar di dunia maya. Antivirus memainkan peran penting untuk melindungi system kamu dengan mendeteksi ancaman secara real-time. Beberapa program antivirus yang canggih juga menyediakan pembaharuan otomatis.
  4. Hapus Program yang Aneh
    sekali-kali kamu harus memeriksa isi program yang terpasanag pada laptop atau computer kamu. Jika menemukan Program aneh segeralah menghapusnya.
  5. Password yang unik
    Gunakan Password yang kompleks penting untuk mencegah penyusupan semakin rumit kata sandi, semakin sulit bagi peretas untuk menyerang system. Ini karena hacker memiliki beragam perangkat yang dapat digunakan untuk memcahkan password pendek dan sederhana dalam hitungan menit.
    Buat password yang memiliki setindaknya delapan karakter dengan kombinasi angka, huruf besar, dan huruf kecil. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal ulang tahun.
  6. Backup Data
    Jangan Lupa Backup data setiap saat data-data kamu di computer. Karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi sewaktu-waktu pada computer kamu. Dari Virus untuk Sistem crash, bit-bit informasi sensitive akan dapat terhapus dari hard drive kamu hanya dalam waktu sekejap mata, sehingga yang terbaik bagi kamu adalah untuk selalu memiliki cadangan. Backup atau mencadangkan data sangat penting. Ini adalah upaya meminimalisir kerugian jika suatu hari laptop diretas. Pada kejadian yang parah, Hacker dapat menghapus data computer. Oleh Karena itu, laqkukan Backup secara berkala melalui pada flashdisk, hardisk, atau dalam system penyimapnan online seperti Google Drive dan Microsoft OneDrive.
  7. Guanakan Firewall
    Jika kamu tidak memiliki firewall dari pihak ketiga seoerti ZoneAlarm Pro, maka itu sangat dianjurkan untuk kamu agar mengaktifkan Windows Firewall. Firewall ini membantu untuk menjauhkan computer kamu dari serangan virus yang dibuat oleh hacker. Sistem operasi laptop memiliki Firewall bawaan, Firewall merupakan program perangkat lunak yang mencegah akses ilegal ke jaringan pribadi kamu.
    Sebelum menjelajah internet, Pastikan Firewall telah aktif. Cara mengaktifkannya adalah Klik ikon “search” pada taskbar > Ketik “Firewall” > Pilih “Windows Firewall” > Klik “Turn Windows Firewall On or Off > Pilih “Turn On Windows Firewall” > Pilih “Notify me when Windows Firewall Blocks a New Program” > klik Ok.
  8. Windows Defender
    Windows Defender adalah program keamanan bawaan Windows, jiika belum punya antivirus atau AntiMalware, kamu bisa pakai program ini. Caranya tinggal pindai secara normal seluruh partisi computer. Menggunakan Windows Defender Offline lebih direkomendasikan. Dengan cara ini proses pindaian akan dilakukan sebelum masuk Windows atau Booting.
  9. Abaikan Email Spam
    Sebuah pesan yang tidak diminta atau email mencurigakan, jangan mengklik email ini. Namun untungnya, layanan situs email yang berbasis Web seperti Gmail memiliki lapisan perlindungan tambahan yang terintegrasi di dalamnya. Jika kamu merasa ragu, maka hapus saja pesan tersebut atau konfirmasi kepada pengirim pesan.
    Waspada lah terhadap email dari pihak yang tidak dikenal. Jangan pernah klik Tautan atau membuka lampiran yang ada.
  10. Reset System Restore
    Sistem operasi Windows memiliki fitur System Restore yang sangat berguna jika terjadi masalah pada system. Dengan system ini kamu dapat mengembalikan semua system ke asal mula computer dipakai. Namun, yang perlu diperhatian, Fitur ini juga sering dipakai para hacker untuk menempatkan Malware.
    Untuk mereset System Restore cukup perlu mematikannya kemudian Restart computer. Saat computer hidup kembali, nyalakan kembali system ini. File yang dahulu tersimpan sudah dihapus atau diganti yang terbaru akan kembali.
  11. Install Ulang Komputer
    Langkah ini merupakan langkah terakhir jika semua langkah diatas tidak mampu menghapus Malware dari laptop maupun computer. Dan, Cukup ampuh. Yang perlu digaris bawahi adalah kamu harus tetap memindai setiap partisi yang ada sebelum melakukan install Ulang Laptop atau Komputer kamu.

Semoga ini dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan Komputer dari serangan Hacker. Nah Begitulah Cara Terhindar dari serangan Hacker pada Komputer atau laptop kamu. Cukup Terbilang Mudah bukan? Dan Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua. Salam hangat dari Frand8K, yang kamu lagi Belajar untuk memahami dalam Teknologi Sekarang.

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

3 thoughts on “Cara Terhindar dari Hacker pada Komputer dan Virus

  1. After looking over a
    number of the blog posts on your web site, I honestly
    appreciate your technique of blogging.
    I saved
    it to my bookmark webpage list and will
    be checking back in the near future. Please check out my website as
    well and let me know what you think.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *