Cara Rahasia Menghilangkan Virus di Komputer atau Laptop 5/5 (1)

Assalamualaikum,

Hai Semua rakan, terima kasih sudah kembali lagi di Sispendik.net

Apakah kalian ingin Mengetahui Cara Rahasia Menghilangkan Virus di Komputer atau Laptop? Nah, Frand8K akan memberi Ilmu nya kawan-kawan, simak terus ya..

Berhati-hatilah dengan infeksi virus pada komputer atau laptop Kamu. Karena virus dapat mungkin dapat merusak file Kamu dan juga dapat menurunkan kinerja PC dengan berjalan di background dan menggunakan resource Kamu seperti RAM dan CPU tanpa sepengetahuan Kamu.

Meskipun Kamu sudah menggunakan antivirus, serangan infeksi virus masih dapat terjadi di sistem Kamu. Kemungkinan terburuk dari infeksi virus tersebut dapat mempengaruhi hardware Kamu, walaupun hal seperti ini jarang sekali terjadi, tetapi mencegahnya merupakan hal yang lebih baik.

Menghilangkan Virus di PC

daftar situs Frand8K 1024x576 - Cara Rahasia Menghilangkan Virus di Komputer atau Laptop

Mungkin hampir kebanyakan pengguna PC pernah mengalami infeksi virus pada komputer atau laptop. Untuk menghilangkan virus di PC, pada umumnya menggunakan software antivirus.

Apakah bisa menghilangkan virus tanpa menggunakan software? Ya, tapi itu tidak mudah untuk dilakukan. Karena tergantung juga dari parahnya infeksi virus atau ganasnya virus tersebut di sistem kamu. Untuk menghilangkan virus yang ganas atau parah secara manual Kamu akan memerlukan seorang yang ahli. Namun, jika kamu mungkin cukup familiar dengan sistem komputer, mungkin Kamu dapat mencobanya.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Kamu coba untuk menghilangkan virus di laptop atau komputer:

Menghilangkan Virus Menggunakan Software

Untuk menghilangkan virus menggunakan software cukup mudah, karena Kamu hanya perlu mendownload antivirus, menginstalnya, dan melakukan scanning di PC atau laptop Kamu.

Software antivirus juga dapat menghilangkan virus yang ganas dan mungkin juga membersihkan juga menjaga dari infeksi yang parah di sistem Kamu.

Apa bila Kamu tidak begitu familiar dengan sistem komputer, mungkin menggunakan software antivirus akan lebih mempermudah Kamu. Untuk antivirus yang cukup ringan untuk digunakan:

  1. Avast Antivirus
  2. Panda Antivirus
  3. Norton Antivirus
  4. BitDefender Antivirus
  5. Avira Antivirus

Untuk mendapatkan proteksi maksimal dan fitur yang lebih lengkap, sebaiknya menggunakan antivirus versi premium atau pro. Dengan begitu Kamu dapat membersihkan dan menghilangkan virus di komputer Kamu secara maksimal. Tidak hanya itu, Kamu juga akan terlindungi dari virus yang akan menginfeksi sistem.

Sayangnya, ada virus yang belum tentu dapat di deteksi oleh antivirus, contohnya virus shortcut yang sering kali menyerang perangkat USB. Sedangkan cara untuk menghilangkan virus shortcut tersebut, hanya ada dua antivirus yang saya tahu dapat menanganinya, yaitu Smadav dan Comodo antivirus. Kamu juga dapat menggunakan Malwarebytes untuk virus yang terkadang tidak terdeteksi.

Menghilangkan Virus Tanpa Software atau Secara Manual

Yang perlu Kamu ketahui untuk menghilangkan virus tanpa software ini kemungkinan dapat beresiko pada sistem Kamu. Sebelum mencoba cara ini sebaiknya ketahui resiko yang dapat terjadi seperti merusak file Kamu dan sebagainya.

Jika Kamu memutuskan untuk menghilangkan virus secara manual, berikut adalah tips untuk menghilangkan virus tanpa software. Cara ini mungkin dapat menghilangkan dan mungkin juga tidak, tapi patut dicoba jika ingin bereksperimen.

Deteksi virus

Untuk mendeteksi virus secara manual, Kamu dapat membuka Task Manager. Coba cari nama program dari tab process, details, startup, dan services dengan nama yang biasanya asing pada sistem dan juga biasanya namanya tidak jelas, entah itu campuran angka, huruf, dan juga simbol.

Terkadang juga, proses dan services dari virus di task manager tersebut dapat menyerupai dan memiliki nama seperti proses dari sistem Windows. Jadi jika menemukan nama proses yang mencurigakan di task manager, Kamu dapat memeriksanya dengan melakukan pencarian secara online atau menggunakan situs processlibrary.com. Di situs tersebut memiliki 190 ribuan daftar proses Windows.

Block Virus

Ketika menemukan dan yakin proses tersbut adalah virus, Kamu tidak dapat secara langsung untuk menghilangkan virus tersebut. Yang dapat Kamu lakukan adalah melumpuhkannya dengan menghentikan prosesnya. Kemudian cegah virus itu berjalan dengan masuk tab Startup di Task Manager dan matikan atau disable nama program dan publisher yang tidak jelas dari daftar tersebut, terkadang tidak memiliki publisher sama sekali.

Kemudian masuk ke Control panel > Administrative tools > System configuration. Pada tab general pilih Selective Startup. Setelah itu lakukan restart untuk menghentikan virus itu berjalan di background.

Hapus Program Berbahaya

Virus biasanya bersarang atau bersembunyi di folder Temp. Kamu dapat menemukan lokasi folder tersebut di C:\Users\NamaMu\AppData\LocalLow\Temp. Ganti NamaMu dengan nama user yang digunakan pada komputer atau laptop Kamu. Cari dan hapus di dalam folder Temp yang namanya tidak masuk akal dan tidak jelas.

Setelah menghapus, lakukan disk cleanup untuk benar-benar memastikan folder sarang virus tersebut telah dihapus. Kemudian restart PC Kamu.

Pastikan Komputer atau Laptop Selalu Bersih

Untuk menjaga komputer atau laptop Kamu selalu bersih dari virus, gunakan software antivirus dengan real-time protection aktif. Selalu update software antivirus dan gunakan versi premium atau pro untuk mendapatkan proteksi penuh dan fitur yang lebih lengkap.

Jika Kamu memutuskan untuk tidak menggunakan software antivirus, selalu perhatikan dan waspadai aplikasi dan file yang kamu download secara online atau juga situs yang kamu kunjungi. Jaga dan seleksi perangkat penyimpanan eksternal yang akan terhubung ke komputer atau laptop kamu.

Kesimpulan

Diatas adalah cara Rahasia menghilangkan virus di laptop atau komputer Kamu dengan menggunakan software antivirus maupun secara manual. Semoga cara diatas dapat membantu untuk menghilangkan virus di PC Kamu.

Begitulah artikel Mengenal Cara Rahasia Menghilangkan Virus di Komputer atau Laptop, Apakah Kamu Sudah Sangat Yakin, Dengan cara-cara yang sederhana kamu bisa terbantu. Semoga Artikel ini bisa  bermanfaat untuk kamu semua. Wassalam.

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *