Cara Rahasia Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah 5/5 (1)

Assalamualaikum,

Hai Semua rakan, terima kasih sudah kembali lagi di Sispendik.net

Apakah kalian ingin Mengetahui Cara Rahasia Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah? Nah, Frand8K akan memberi Ilmu nya kawan-kawan, simak terus ya..

Memperbaiki Windows 10 tanpa install ulang dapat dilakukan dengan mudah saat PC atau laptop tiba-tiba mengalami error. Berbagai macam kerusakan, error atau gangguan pada Windows seperti komputer lag, komputer lemot, tiba-tiba restart sendiri, booting gagal, muncul dialog error yang tidak dapat dihilangkan hingga blue screen of death (BSOD).

Untungnya Kamu dapat memperbaiki atau melakukan repair Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Perbaikan atau repair ini dapat berupa menggunakan restore point, cmd, atau, menggunkan bootable dvd atau flashdisk.

Berbagai Rahasia Cara Memperbaiki atau Repair Windows 10

Windows 10 Frand8K 1024x575 - Cara Rahasia Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Kita akan memulai dengan masalah error Windows 10 yang paling mudah diperbaiki. Setidaknya masih dapat masuk dan mengakses menu desktop. Jika masih bisa mengakses menu desktop, Kamu dapat melakukan repair atau memperbaiki Windows 10 menggunakan cmd, reset PC, dan system restore.

  1. Cara repair Windows 10 dengan system restore

System restore dapat mengembalikan Windows pada kondisi sebelumnya tanpa mempengaruhi file dokumen, foto, video, dan musik. Cara ini dapat dilakukan jika Kamu dapat mengakses menu desktop dan masuk ke Settings Windows 10. Kamu dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses menu desktop seperti biasa, atau dengan cara boot Windows 10 safe mode.

Namun, pada fitur ini Kamu harus sudah mengaktifkan sistem restore sebelumnya. Jika belum, Kamu tidak dapat menggunakan fitur ini, karena system restore membutuhkan system restore point untuk dapat mengembalikan Windows ke kondisi sebelumnya. Untuk itu ikuti panduan cara menggunakan dan membuat system restore point.

  1. Cara repair Windows 10 dengan reset PC

Cara berikutnya dengan melakukan reset windows 10 ke settingan pabrik atau factory reset. Fitur ini sangat praktis dan berguna karena tidak menghapus file pribadi seperti dokumen, foto, dan seterusnya. Fitur ini hanya akan menghapus program dan aplikasi pihak ketiga yang di-install di PC atau komputer.

  1. Cara repair Windows dengan bootable Windows 10 flashdisk atau DVD

Hal paling utama yang Kamu butuhkan menggunakan cara ini adalah bootable Windows 10 flashdisk atau DVD. Sesuaikan jenis Windows-nya dengan yang digunakan seperti Windows 10 home atau pro, tidak akan berhasil jika versi yang digunakan berbeda. Apabila file bootable sudah disiapkan, silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk langkah repairnya:

  • Sambungkan flashdisk atau masukkan DVD instalasi windows ke PC atau laptop.
  • Silahkan masuk ke BIOS (biasanya dengan menekan F2, atau coba tombol Function lain, Esc, F1, F8, F10)
  • Kemudian masuk ke pengaturan menu boot, ganti posisi boot order atau naikkan perangkat bootable flashdisk atau dvd yang digunakan ke paling atas. Jika sudah Save and Exit.
  • Setelah itu akan masuk ke proses instalasi Windows setup, klik next. Saat keluar pilihan, pilih repair your computer.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot.
  • Lalu pilih Reset this PC.
  • Muncul kotak pilihan dialog, pilih Keep my file (untuk memperbaiki Windows tanpa menghapus data dan file pribadi).
  • Terakhir klik Reset, tunggu proses hingga selesai.

  1. Cara repair Windows 10 dengan cmd (Command Prompt)

Dengan menggunakan cmd Kamu dapat mengatasi dan memperbaiki masalah seperti sistem file error, rusak atau corrupt, atau mungkin hilang. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah error missing .dll file di Windows 10.

Melakukan repair sistem file Windows menggunakan cmd cukup mudah, buka cmd sebagai Admin dengan menekan tombol Windows + X kemudian tekan A. Setelah itu ketikkan baris perintah berikut:

cmd Frand8K 1024x576 - Cara Rahasia Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Ketika Kamu menjalnkan perintah ini, sistem akan melakukan scan dan memperbaiki file corrupt Windows 10 dan tutup semua program atau aplikasi lain yang terbuka. Biasanya dilakukan setidaknya 3x agar file sistem benar-benar diperbaiki.

Kesimpulan

Demikian merupakan beberapa Cara Rahasia Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah. Artikel diatas tentang cara repair windows 10 tanpa install ulang dapat membantu Kamu dengan cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan repair Windows. Dua kondisi error pada Windows, pertama kita masih bisa mengakses dekstop dan yang parah tidak bisa mengakses atau masuk ke tampilan desktop. Seperti dengan layar Windows blank hitam atau biru. Kamu dapat mencoba cara repair Windows 10 seperti diatas.

Pastikan Kamu setidaknya memiliki system restore point untuk berjaga-jaga. Meskipun hal tersebut akan menggunakan kapasitas pada ruang hard disk Kamu, setidaknya jika sistem mengalami kesalahan seperti file corrupt dan sebagainya. Kamu dapat mengaktifkan system restore point dan membuat titik restore secara otomatis atau Kamu dapat membuatnya secara manual.

Similar Posts:

Please rate this

Yukk Berbagi melalui :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *